21 Februari 2008

Forum Diskusi SS

Topik : SS pro LAPINDO???
Forum Home
Topik ini telah direply 10 kali, dan telah dibaca 133 kali.
Penulis : wisnu1110
18 Feb 2008 14:47:31 Reply

Coba baca tulisan "Meneropong Bencana Lumpur Lapindo". Memang tulisan ini merupakan ADVERTORIAL. Namun jelas sekali isinya menggiring opini publik untuk menyatakan bahwa PT. Lapindo Brantas Inc. Tidak bersalah dalam kasus luapan lumpur di Sidoarjo. SS sebagai media informasi boleh saja menerima iklan dalam bentuk apapun, namun apakah hanya dengan menerima uang dari Lapindo, SS boleh menyampaikan informasi keliru atau paling tidak belum tentu benar terhadap kasus luapan lumpur ini?

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : wisnu1110
18 Feb 2008 14:48:06 Reply

Dimana letak moral dan etikanya? Beberapa fakta BOHONG yang ada dalam tulisan tersebut diatas: - Disana disebutkan bahwa pengeboran sebelumnya berjalan lancar, namun tanpa diduga muncul semburan lumpur. Faktanya: Dari catatan harian pengeboran, Bubble sebelumnya sudah teramati, namun tim Lapindo nekat meneruskan pengeboran sampai akhirnya terjadi Stucked dan mata bor patah, tetinggal di dalam - Disebutkan Lapindo mengantisipasi dengan mencari solusi terbaik untuk menhentikan luapan lumpur.
Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : wisnu1110
18 Feb 2008 14:49:26 Reply

Faktanya: Setelah terjadi semburan, Lapindo langsung mengevakuasi seluruh peralatan dan meniggalkan lokasi pengeboran. Baru setalah pemerintah baik daerah maupun pusat turun tangan, upaya penghentian lumpur dilakukan. - Disebutkan Para Ahli meyakinkan bahwa kejadian semburan lumpur adalah bencana alam. Faktanya: Mungkin hanya Ahli yang sudah dibeli Lapindo yang menyimpulkan hal ini. Banyak ahli dari dalam dan luar negeri menyebutkan bahwa ini adalah kesalahan pengeboran.

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : wisnu1110
18 Feb 2008 14:50:14 Reply

- Dana yang diberikan Lapindo kepada masyarakat disebutkan sebagai bantuan sosial. Faktanya: Bantuan ini baru turun setelah warga korban lumpur melalui perjuangan yang panjang menuntut ganti rugi atas hak-hak hidupnya yang hilang. Masih banyak tulisan BOHONG yang bisa diungkap jika artikel diamati dengan cermat. Mohon agar SS mempertimbangkan pemuatan advertorial ini.

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : imajuna
19 Feb 2008 02:46:51 Reply

Saya juga sempat membaca topik tsb cuman sebagai orang awam saya agak bingung , topik ini ( "meneropong bencana lumpur lapindo") murni news or iklan, tapi kalo memang benar iklan/adv. saya prihatin sekali karena memang kesan yg saya tangkap dari tulisan itu memang mengarahkan ke pembenaran pada satu sikap/pendapat tertentu, semoga ini hanya kesan saya , saya yakin dalam hal ini SS dapat bersikap arif, tetap menjunjung tinggi netralitas dan profesionalisme jurnalis.

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : perumtase12
19 Feb 2008 06:05:17 Reply

Untuk SS ini bisa dijadikan wacana dalam segala ulasannya, Memang akhir-akhir ini SS kalau diperhatikan bisa memunculkan tanda Tanya untuk masalah lapindo ini. Seharusnya sebelum memunculkan Opini, terlebih dulu dikaji dari berbagai aspek, jangan asal temple (copy paste). Benar apa yang dikatakan oleh bung wisnu .. seharusnya SS juga mengetahui kronologis dilapangan bagaimana proses lumpur itu terjadi, sebelum adanya gelembung .. warga disekitar hampir tiap malam merasakan adanya aktifitas di pengeboran, selang beberapa waktu tidak terdengar lagi … ini terjadi sebelum gampa jogja yang dianggap sebagai pemicu munculnya lumpur oleh sebagian orang. Informasi di lapangan ternyata mata bor patah di dalam. Sekali lagi seharusnya SS lebih arif dan obekfif dalam memberikan berita ….. sehingga kesan SS pro Lapindo tidak akan pernah ada …..

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : yudo
19 Feb 2008 08:20:19 Reply

Sudah jamak apabila satu media itu akan memposisikan dirinya dalam mencapai sesuatu, akan tetapi pencapaian - pencapaian tersebut, tentunya jangan sampai mengorbankan pihak yang sudah menjadi korban. Artinya kalau memang benar adanya SS sudah seperti itu, berarti SS rela menjual diri. Apakah SS sudah tidak mampu mencari penghasilan dari iklan - iklan yang lain ?. Ingat SS adalah salah satu radio yang cukup disegani di Indonesia, dikunjungi oleh orang - orang top, dijadikan tempat studi banding..

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : yudo
19 Feb 2008 08:28:57 Reply

oleh beberapa company, pokoknya SS dianggap sebagai salah satu radio panutan, sumber inspirasi, karena dianggap mampu memberikan informasi yang akurat, terkini dan terpercaya. Tapi hal itu akan tdk ada artinya apabila SS memang benar - benar telah menjual dirinya ke pihak - pihak tertentu. Oh...SS kau sekarang bukanlah station radion yg berpihak ke semua masyarakat akan tetapi lebih berpihak ke orang yang ....... Perjuangan kami tidak memerlukan dukungan dr org 2x yg penuh tendensi tertentu.

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : heven
19 Feb 2008 14:53:49 Reply

Masih sich SS pro LAPINDO. Ambil positifnya saja, sebagai media kemungkinan masih ada informasi 1 arah. perlu kiranya SS mendatangkan orang independen yang bisa memberi input tentang kondisi yang nyata. Repot juga, karena Lapindo pemiliknya bukan org kecil, tapi org ter kaya di Indo. Mana ada org bisnis mau rugi terus, realita-nya org bisnis pasti tidak mau rugi terus,kecuali kalau nantinya dapat pendapatan yang lebih dari ini semua. SS dtng kan org pintar konsep ekonomi dan bisnis
Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : heven
19 Feb 2008 14:59:32 Reply

Kita sudah tahu, kalau tidak ada pengeboran mana ada bencana seperti ini. Apa bisa bumi ini bisa melubangi dirinya sendiri tanpa bantuan manusia. Kita lihat aja, apa Porong akan menjadi perusahaan minyak terbesar di Indonesia. Dibelakang Lapindo bukan orang bodoh tentang bisnis. Saya berharap masyarakat bisa lebih pintar, hati-hati jgn mau di suap untuk mengatakan kalau Lumpur itu karena bumi. Daerah dulu tdk banjir skrg banjir krn ada penggundulan hutan. ini FAKTA !! SAMA KAN!!!

Re : SS pro LAPINDO???
Penulis : totoku
19 Feb 2008 15:25:20 Reply

Tragedi penggusuran dari rawasari ke Lapindo.para aktivis ormas.politik apalagi dewan waktu jaman pak harto teriak2 mau bela org lemah-kecil tertindas SIAP MATI namun kenyataan pahit yang kami terima Bangsat teriak bansat.kami menyesal Pak Harto mengundurkan diri.

Tidak ada komentar: