01 Februari 2008

Siring Barat Dinilai Masih Layak Huni

Siring Barat Dinilai Masih Layak Huni

RADAR SIDOARJO Rabu, 30 Jan 2008
SIDOARJO - Warga Siring Barat, Kelurahan Siring, memilih tetap bertahan meski di sekitar mereka muncul semburan air dan gelembung (bubble) mengandung gas. Kandungan gas dinilai Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) tidak berbahaya, asal warga berhati-hati. Menurut Humas BPLS Achmad Zulkarnain, kawasan Siring Barat masih layak ditempati. Munculnya semburan dan bubble dengan kandungan gas belum berbahaya.

Namun, jika gas terkonsentrasi, bisa menyebabkan kebakaran. Zulkarnain mencontohkan gas di rumah warga yang digunakan untuk memasak. Hal itu bisa membahayakan. Pengamanan yang harus dilakukan adalah mengarahkan gas ke tempat terbuka agar bisa terurai oleh angin. “Misalnya, bisa diarahkan dengan pipa ke halaman,” kata Zulkarnain memisalkan.

Sementara itu, pemasangan pipa pembuangan lumpur ke Kali Porong belum tuntas. BPLS menargetkan pipa baru itu bisa berfungsi setelah dilengkapi pompa penyedot lumpur. Jumlah pompa direncanakan tujuh unit, namun baru tiba tiga unit. Zulkarnain memperkirakan, pipa-pipa baru bisa berfungsi pada awal Februari mendatang jika semua perangkatnya sudah lengkap.

Meski demikian, pembuangan lumpur ke Kali Porong tetap berlangsung. Sejak tiga hari lalu, BPLS membuang lumpur sepenuhnya ke sungai. Ini dilakukan setelah tanggul pusat semburan yang sempat ambles sudah ditinggikan hingga 18 meter. “Kami gunakan pipa yang lama dulu, ” jelasnya.(riq/roz)

Tidak ada komentar: