29 Juli 2008

Lapindo Komitmen, Warga Puas

Lapindo Komitmen, Warga Puas

Ditulis Oleh dad
Selasa, 29 Juli 2008

Sidoarjo- Dua tahun semburan Lumpur di bumi Porong tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti,berbagai upaya pun sudah dilakukan Lapindo Brantas, Inc untuk menutup semburan dan juga management permukaan dengan mengalirkan lumpur ke kali Porong. Langkah teknis masih terus diupayakan oleh Lapindo agar dampak Lumpur tidak meluas.

“Penanganan pusat semburan dan Lumpur permukaan adalah teknis, saat ini yang menjadi kosentrasi adalah penyelesaian maslah social,” teranh Yuniwati teryana, Vice President Minarak Lapindo Jaya.

Yuniwati menambahkan dalam mengatasi permasalahan social ada tiga langkah pendekatan kepada warga, yakni evakuasi korban terdampak Lumpur kr lokasi pengungsian, memberi uang kontrak dan jatah hidup, dan yang terkhir adalah penyelesaian pembayaran dengan skema 20 persen dan 80 persen.

“Tiga langkah itu sudah jadi komitmen kita dalam penanganan masalah social,” terang Yuniwati.

Melihat komitmen itu, Machmudatul fatchiyah yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa di Renokenongo mengatakan jika Lapindo bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah social ini.

“Meski Lapindo masih belum dinyatakan bersalah, tapi niatan Lapindo untuk menuntaskan permasalahan social sudah sangat bagus,” Ujar Macmudatul.

Pemberian kebutuhan dipengungsian seperti, Jatah makan, sarana air bersih dan juga pembanguann sarana MCK menunjukkan jika Lapindo peduli kepada warga.

Macmudatul jug menambahkan jika warga terdampak Lumpur pasalnya dalam penyelesaian 80 pertsen yang tak lain adalah gong dari pemyelesaian semua permasalahan social sudah dilakukan Lapindo, dan selalu muncul solusi dalam penyelesaiannya.

“Cash and resettlement adalah solusi yang cocok, selain warga memiliki tanah kembali 100 persen, warga juga diuntungkan dengan pembayaran tunai yang asetnya berupa banguanan,” Ujar Macmudatul.

Tidak ada komentar: