17 Juli 2008

Kampanye Meriah, Korban Lumpur Lapindo Tak Peduli

17/07/2008 05:44 Pilkada Jatim
Kampanye Meriah, Korban Lumpur Lapindo Tak Peduli

Liputan6.com, Sidoarjo: Boleh jadi, ungkapan pilu Fikriyah mewakili perasaan sekitar 3.000 korban lumpur Lapindo yang saat ini masih bertahan di Pasar Baru Porong dan tenda-tenda darurat di Sidoarjo, Jawa Timur. Gempita kampanye Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tidak mereka pikirkan. Sudah banyak pejabat yang berjanji membantu penyelesaian soal ganti rugi para pengungsi, namun janji tetaplah tinggal janji [baca: Dari Menangkis Isu Korupsi Hingga Pendidikan Gratis].

Walau demikian, Komisi Pemilihan Umum setempat tetap menganggap suara para pengungsi bermakna. Karena itu, menurut Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Bimo Aries, pihaknya berencana membangun tempat pemungutan suara khusus bagi korban lumpur Lapindo.

KPU Sidoarjo memang boleh berencana seperti itu. Yang jelas, dua tahun lebih para pengungsi tersingkir dari rumah mereka akibat semburan lumpur Lapindo. Tak aneh, bila kemudian timbul pertanyaan: Akankah pemimpin baru hasil pilkada nanti bisa menyudahi penderitaan mereka? Atau, haruskah mereka lebih lama terpuruk dan kembali menelan kekecewaan?.

Sementara itu, ribuan orang larut dalam kegembicaraan menyaksikan penampilan Si Raja dangdut, Rhoma Irama, dalam kampanye pasangan Khofifah-Mujiono atau Kaji di lapangan Wijaya, Sampang, Madura. Akibat berdesak-desakan sejumlah penonton pingsan sehingga harus mendapat perawatan tim medis.

Dalam kampanyenya, pasangan nomor urut satu yang diusung Partai Persatuan Pembangunan dan koalisi 12 partai politik ini mengingatkan agar warga Madura meningkatkan keterampilan menyongsong era industrialisasi.

Seperti kampanye sebelumnya, Megawati Soekarnoputri menjadi juru kampanye dalam kampanye pasangan Sucipto-Ridwan Hisyam. Megawati meminta agar kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mendukung duet pasangan Sucipto-Ridwan yang akrab disebut SR sebagai cagub cawagub nomor urut dua.

Pasangan Sunaryo dan Ali Maschan Musa yang akrab disapa Salam hadir dalam kampanye di lapangan Warung Dowo, Pasuruan. Mereka kampanye didampingi sejumlah pengurus pusat Partai Golongan Karya yang mengusungnya. Dihadapan ribuan simpatisannya Sunaryo kembali menegaskan visi misinya, di antaranya bebas pendidikan, kesehatan, dan jaminan modal usaha.

Cagub nomor urut empat Achmady, kemarin berkampanye menggunakan trailer di sepanjang kawasan Tanggul, Kota Jember. Cagub yang berpasangan dengan Suhartono ini juga sempat mengunjungi pedagang di Pasar Tanggul.

Tidak beda dengan pasangan cagub dan cawagub lainnya, Saifullah Yusu atau Gus Ipul yang berpasangan dengan Soekarwo berjanji akan memakmurkan rakyat jika terpilih dalam pilkada 23 Juli mendatang. Janji Gus Ipul ini disampaikan di depan belasan ribu peserta kampanye yang digelar di Alun-Alun, Jombang. Ikut serta dalam kampanye ini sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

Tidak ada komentar: