04 Februari 2009

Waspada, Kali Porong Meluap

Waspada, Kali Porong Meluap
Ditulis Oleh ttk
Selasa, 03 Pebruari 2009

Porong, Tingginya curah hujan akhir-akhir ini membuat sejumlah daerah terkena banjir, kondisi ini juga akan berpengaruh pada daya tampung kali porong. Peningkatan debit air mencapai 1.040 m3 yang hampir melampaui daya tampung kali porong yang mencapai 1.500 m3.

Kondisi seperti ini membuat Dinas Pekerjaan umum Pengairan sungai porong menyiagakan setidaknya 50 petugas untuk memantau 24 jam ketinggian air sungai tersebut. Bahkan kali porong dinyatakan siaga I.

Kepala Dinas PU Pengairan Kab. Sidoarjo, Ir setyo Basukiono mengatakan para petugas segera melaporkan tiap perkembangan kondisi atau debit kali Porang. Karena itu pihaknya bekerja sama dengan Jasa Tirta melakukan antisipasi di beberapa titik tanggul kali porong yang rawan jebol.

“ Kami terus waspada, memantau kondisi debit air kali porong sehingga dapat mengantipasi dini,”kata Ir.setyo Basukiono, Kadin PU.Pengairan Kab. Sidoarjo

Hal serupa juga dilakukan BPLS terus memantau bahkan dengan kondisi yang seperti ini (debit air meningkat.red) menanggapi positip karena dengan meningkatnya debit air maka endapan lumpur dapat terbawa air hingga ke muara dan tidak megerahkan eksaponton untuk mencairkan endapan Lumpur.

“Peningkatan debit air kali porong mencapai 1.040 m3 memang ikut membawa endapan lumpur,”kata Achmad Zulkarnaen, Humas BPLS sembari terus mewaspadai perkembangan yang terjadi.

Tidak ada komentar: