18 Februari 2009

SOEKARWO Didesak Dampingi Korban Lumpur Bertemu Presiden

SOEKARWO Didesak Dampingi Korban Lumpur Bertemu Presiden

suarasurabaya.net| Perwakilan korban lumpur mendesak SOEKARWO dan SAIFULLAH YUSUF Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi mereka bertemu SUSILO BAMBANG YUDHOYONO Presiden RI dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Selasa (17/02) besok.

SUMITRO juru bicara perwakilan korban lumpur dalam dialog dengan Gubernur Jatim di kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan menyatakan hal tersebut. Menurut SUMITRO, desakan itu perlu mengingat Lapindo sudah berkali-kali ingkar janji dan dengan kehadiran Gubernur Jatim maka keberadaan massa korban lumpur akan makin kuat.

Namun SOEKARWO dalam pertemuan tersebut dengan halus menolaknya. Menurut dia, yang penting adalah esensi dari tuntutan itu, bukan orang yang mendampinginya. “Kalau butuh kendaraan, kita bisa siapkan. Kalau perlu pakai uang pribadi kalau tak ada anggarannya.Tapi apakah kehadiran kami cukup efektif. Yang penting kan esensi tuntutannya,” ujar dia.

Keengganan SOEKARWO tersebut ditanggapi dingin oleh perwakilan massa korban lumpur. Tanpa kehadiran SOEKARWO pun, rencananya korban lumpur akan menghampiri SBY besok di Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro.

Dalam tuntutannya ke Presiden RI, korban lumpur meminta pemerintah pusat menalangi terlebih dulu sisa ganti rugi yang belum dibayarkan. Mengenai bagaimana selanjutnya, kata SUMITRO, itu bisa diselesaikan antara pemerintah dengan Lapindo.(edy)

Pertemuan langsung dengan Presiden RI ini, kata SUMITRO, sangat penting guna menyampaikan informasi yang benar mengenai apa yang terjadi di lapangan. "Sepertinya Presiden selama ini mendapatkan informasi yang salah tentang proses ganti rugi ini. Kita ingin meluruskannya dengan langsung bertemu presiden," ujarnya.

Tidak ada komentar: