06 Februari 2009

Pasokan Air Bersih Siring Barat Dihentikan

Pasokan Air Bersih Siring Barat Dihentikan
Ditulis Oleh ttk
Kamis, 05 Pebruari 2009

Sidoarjo, Warga Desa Siring Barat, Kecamatan Porong, sepekan terakhir kesulitan air bersih. Pasalnya pasokan air bersih dihentikan oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sodoarjo (BPLS) sekarang dihentikan.

Sebelumnya warga mendapatkan pasokan air bersih untuk 14 tandon berkapasitas 2000 liter. Kawasan ini terdapat 309 kepala keluarga atau sekitar 1.000 orang, sumur warga yang tercemar lumpur dan banyak muncul semburan-semburan kecil (bubble). Sejak pasokan air bersih dihentikan oleh BPLS, sehari-hari warga terpaksa harus beli air bersih.



Sementara itu Kepala Humas BPLS menjelaskan bahwa pihanya terpaksa menghentikan pasokan air bersih Desa Siring barat dikarenakan kawasan ini masuk daerah diluar peta terdampak. Area peta terdampak lumpur sesuai perpres No.14/2007 Siring barat masih termasuk dalam tanggungan negara. Namun Perpres No.14 diubah jadi Perpres no.48/2008 maka hanya tiga desa yang masuk dalam peta terdampak lumpur yaitu desa Pejarakan, Kedungcangkring dan Besuki. Dan ini ada anggarannya dalam APBN.

"Kawasan Siring Barat tidak masuk dalam peta terdampak lumpur sehingga pasokan air bersih dihentikan,” terang Achmad Zulkanaen, Humas BPLS.

1 komentar:

A'akim mengatakan...

Sungguh terlalu !