18 Februari 2009

Perwakilan Korban Lumpur Diterima Gubernur

Perwakilan Korban Lumpur Diterima Gubernur

suarasurabaya.net| Para perwakilan pengunjukrasa korban lumpur Lapindo diterima langsung oleh SOEKARWO dan SAIFULLAH YUSUF Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Ruang Kertanegara, Senin (16/02).

Sekitar 15 perwakilan tersebut dikoordinasikan oleh SUMITRO dari Perumtas I. Mereka menyampaikan sejumlah tuntutan terkait proses ganti rugi korban lumpur. Dikatakan SUMITRO, saat ini warga korban lumpur resah dengan belum terbayar tuntasnya janji ganti rugi oleh Lapindo.

Warga korban lumpur, kata SUMITRO, meminta Pemerintah mendorong Lapindo untuk segera menyelesaikan tanggungjawabnya. “Sudah ada Perpres 14/2007 yang ditabrak oleh Lapindo dengan tidak membayar ganti rugi ini,” kata SUMITRO.

Sementara Itu SUWITO koordinator Gerakan Masyarakat Pendukung Perpres (Geppres) dari Desa Jatirejo dalam dialog dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan dalam proses ganti rugi di lapangan, masih terjadi diskriminasi antara tanah-tanah yang sertifikat dan non sertifikat. “Padahal dalam Perpres sudah dinyatakan bahwa tidak ada diskriminasi. Lapindo dalam hal ini sudah lecehkan Perpres,” kata dia.

Di luar kantor Gubernur Jawa Timur, ribuan massa pengunjukrasa masih melakukan aksinya di Jl. Pahlawan. Sekitar seribu polisi juga melakukan penjagaan dengan ketat. Massa menguasai 4 dari 7 lajur Jl. Pahlawan.(edy)

Tidak ada komentar: