06 Februari 2009

Pulau Baru di Muara Sungai Porong

Pulau Baru di Muara Sungai Porong

Ditulis Oleh dad
Kamis, 05 Pebruari 2009
Sidoarjo- BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo) memanfaatkan pembuangan Lumpur di Sungai Porong untuk dijadikan tumpukan tanah yang menyerupai bentuk pulau di muara sungai. Selanjutnya pulau ini akan ditanami mangrove.
Pulau sudah terbentuk dibibir laut sungai porong yang jaraknya 15-18 km dari pembuangan lumpur dari pusat semburan (big hole) seluas 23 ha dengan tinggi 1,5 meter dari permukaan laut.

“Kita membuat pulau berpetak-petak dari hasil lumpur yang dibuang,” ujar Deputi Operasional BPLS, Sofian Hadi saat meninjau lokasi pulau baru yang terbentuk.

Dalam pembuatan Pulau ini dikerahkan 3-4 kapal keruk yang beroperasi untuk mengalirkan lumpur dari intake pembuangan lumpur, selanjutnya lumpur yang sudah sampai di muara dikeruk oleh 2 unit excaponton kemudian ditimbun menyerupai pulau.

Sofian menambahkan pembuatan pulau ini akan digunakan untuk penanaman mangrove untuk mengurangi abrasi air laut, “nah lumpur bisa dimanfaatkan tidak hanya dibuang saja,” Tambah Sofian.

Selain itu pembuatan pulau ini juga membuktikan jika lumpur sudah mengalir ke muara dan tidak mengendap di Sungai Porong yang dianggap menyebabkan pendangkalan.

“Jadi tidak perlu khawatir, selama debit air di sungai Porong cukup lumpur akan dapat mengalir,” Jelas Sofian.

Tidak ada komentar: