05 Desember 2008

Tiga Ribu Korban Lapindo akan Datangi Jakarta Pasca Idul Adha

Tiga Ribu Korban Lapindo akan Datangi Jakarta Pasca Idul Adha
Nograhany Widhi K - detikNews

Jakarta - Jika ganti rugi 80 persen tunai tak dikabulkan pemerintah, warga korban lumpur Lapindo akan membawa massa yang lebih besar. Setidaknya 3 ribu warga akan datang ke Jakarta setelah Idul Adha.

"Kita akan mendatangkan massa 3 ribu lagi dari Sidoarjo setelah Lebaran," ujar salah satu koordinator yang juga warga Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera (Perumtas) I, Sumitro, kepada detikcom, Jumat (5/12/2008).

Cara itu, imbuh dia, akan dilakukan jika permintaan mereka untuk pembayaran ganti rugi 80 persen tidak dilakukan secara tunai.

"Kita menolak dicicil Rp 30 juta per bulan yang kemarin telah disepakati. Kita minta pemerintah mencari cara lain yang bijaksana," pinta dia.

Hari ini selain istighotsah di depan Istana Negara, imbuh dia, para korban akan melakukan salat Jumat berjaamaah di Masjid Istiqlal. Jumlah massa 80 orang.

"Sebagian juga mulai pulang untuk koordinasi lagi setelah Lebaran," kata dia.

Sumitro dkk merupakan salah satu faksi korban lumpur Lapindo. Mereka menolak kesepakatan terakhir antara Lapindo dan korban yang digelar di gedung Setneg pada Rabu malam. Sedangkan faksi lainnya setuju pada negosiasi baru itu. Selama di Jakarta, Sumitro dkk menginap di kantor Kontras, tak jauh dari Jl Diponegoro.(nwk/nrl)

Tidak ada komentar: