28 Desember 2008

Pindahkan Pompa Untuk Optimalkan Pengaliran Lumpur

Pindahkan Pompa Untuk Optimalkan Pengaliran Lumpur

Sidoarjo- Untuk mengoptimalkan pembuangan lumpur ke selatan atau ke kali Porong, PT Minarak Lapindo Jaya memindahkan 3 unit pompa yang sebelumnya berada di titik 41 menuju ke titik 43, Desa renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Sebelumnya 11 unit pompa lumpur dikosentrasikan di titik 41, Desa Besuki, Kecamatan Jabon untuk mengalirkan lumpur dari pusat semburan menuju ke kali porong dengan melewatkan pipa

“Karena lumpur sulit mengalir kearah selatan karena elevasi yang rendah, makanya pompa kita akan pindahkan ke daerah yang lebih dekat dengan pusat semburan,” terang Dedi, Kabag Pelaksana Pengaliran Lumpur MLJ.

Saat ini pompa yang dipindahkan adalah jenis Sumptech dan Sakuragawa dengan ditarik 2 unit excaponton, rencananya MLJ akan memindahkan 5 unit pompa lagi di titik 43.

Pemindahan pompa di titik 43 ini menurut Dedi lebih efisien dan efektif disaat lumpur sulit mengalir ke selatan.

“Pompa bisa langsung menyedot lumpur yang tertampung dititik 43 yang selanjutnya akan dialirkan melewati 2 unit pipa 20 inch,” pungkas Dedi.
Selain menggunakan mesin pompa, pihaknya mengaku masih menggunakan alat-alat berat untuk membantu pengaliran lumpur dari pusat semburan ke titik 43.

“3-4 unit excavator longarm masih dioperasikan untuk mengayuh dan mengeruk lumpur untuk menurunkan elevasi dititik 43, selanjutnya jika elevasi didapatkan jauh lebih rendah maka lumpur akan mengalir dengan sendirinya,” ujar Dedi.

Tidak ada komentar: