11 Oktober 2008

Sedimentasi Harus di Gelontor

Sedimentasi Harus di Gelontor
Ditulis Oleh dad
Jumat, 10 Oktober 2008

Sidoarjo- Hujan yang terjadi dikawasan Sidoarjo kemarin (9-10-2008) ternyata tidak membantu mengurangi endapan yang terjadi di Kali Porong. Untuk menguranginya dibutuhkan penggelontoran air.

Menurut Design dan supervisi MLJ, Teguh menyebutkan untuk mengurangi endapan disungai Porong dibutuhkan penggelontoran air dari bendungan yang berada di Mojokerto atau di Kediri.

“Jika terjadinya di Sidoarjo, maka air tidak signifikan mengurangi endapan, Jika Hujan terjadi di Mojokerto atau kediri itu justru sangat membantu” terang Teguh.

Teguh menyebutkan, sedimentasi bisa mengalir bilamana ada kekuatan yang mendorong sedimentasi, “ paling tidak dibutuhkan 500 m3 air untuk mendorong sedimentasi,” terang teguh.

Sedangkan, kapan Kali Porong akan kembali normal, Teguh optimis jika penggelontoran dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu 2 minggu sedimentasi akan terbawa ke muara.

“Kejadian ini pernah terjadi satu tahun lalu, setelah di gerojok dengan air, sedimentasi sudah hilang dan sungai kembali normal,” terang Teguh.

Tidak ada komentar: