11 Oktober 2008

MLJ Sudah Siap Hadapi Musim Hujan

MLJ Sudah Siap Hadapi Musim Hujan

Ditulis Oleh dad
Kamis, 09 Oktober 2008

Sidoarjo- Minarak Lapindo Jaya (MLJ) sudah siap untuk menghadapi musim hujan yang akan datang.Tanggul yang kuat dan pengaliran lumpur yang maksimal merupakan jaminan kesiapan MLJ.

“Yang menjadi perhatian kita adalah pengamanan tanggul pusat semburan, agar tidak jebol dan menyebabkan lumpur mengalir liar,” ujar Teguh, design dan supervisor pengaliran lumpur.

Tanggul ring 1 kini diperlebar, gunanya untuk memperkuat tanggul terhadap gemburan dan volume hujan yang bertambah, selain itu tanggul diluar ring-1 juga diperkuat dengan penambahan material dan dipadatkan.

“Kita sudah menguji kekuatan tanggul di laboratorium, dah hasilnya memuaskan, tapi penguatan tanggul masih tetap dilakukan” pungkas Teguh.

Meski demikian MLJ masih akan menyediakan persedian material, jika nantinya ada masalah di lapangan, ” kita tetap standby untuk mengantisipasi bilamana tanggul mengalami kerusakan,” tambah Teguh.

Selain penanggulan, Teguh juga menjamin jika pengaliran saat ini maksimal, 12 pompa siap untuk dioperasikan untuk mengurangi kenaikan volume air dan lumpur di kolam penampungan.

“kapasitas pompa saat ini adalah 3,6 m3/detik, dan smuanya dalam kondisi bagus,” pungkas teguh.

Selanjutnya untuk mengatasi debit volume air yang tinggi jika musim hujan tiba, pihak MLJ kini membuat open chaneling ke arah barat (section 35 dan 36) untuk mengalirkan air yang kemudian ke spillway, dan air bisa dipompa ke kali porong.

“Tapi air harus disisakan di kolam penampungan untuk upaya pengenceran lumpur,” tukas Teguh.

Ditempat yang sama, Sunaryo suradi selaku juru bicara teknik mengungkapkan jika datangnya musim hujan akan sangat membantu dalam upaya pengaliran lumpur ke Kali Porong.

“Lumpur akan semakin encer, dan lebih mudah untuk dipompakan, bisa jadi lumpur yang terbuang akan lebih banyak terbuang,” ucap Sunaryo saat ditemui di kantornya.

Tidak ada komentar: