13 Mei 2008

Porong Rawan Gempa

Porong Rawan Gempa

Saturday, 10 May 2008
SIDOARJO - SURYA-Setelah dilanda semburan lumpur yang mengandung gas metana, kini kawasan Porong mulai dilanda gempa mikro. Untuk mengantisipasi hal itu, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) pusat sengaja memasang sejumlah peralatan deteksi gempa. Dari monitoring yang dilakukan pada sejumlah kawasan di sekitar area pusat semburan, melalui alat seismograf, gempa mikro yang tercatat adalah berkisar 0,1 - 2 skala Ritcher.

Alat deteksi gempa tersebut, dipasang di sejumlah titik yang mengelilingi pusat semburan lumpur. Setiap titik dipasang dua alat sekaligus. Selain itu, alat serupa juga dipasang di Utara yaitu di Desa Kalidawir dan Banjar Panji, Tanggulangin. Bagian Timur di Desa Glagaharum Kecamatan Porong, bagian Barat di Desa Wunut serta di bagian Selatan ada di Desa Mindi, Kecamatan Porong dan Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon.

“Sudah satu minggu kami memasang alat tersebut dan memantau perkembangannya,” kata salah satu petugas BMG yang ditemui, Jumat (9/6).

Humas BPLS Akhmad Zulkarnain menambahkan, peralatan deteksi gempa tersebut juga untuk mengetahui adanya subsidence (penurunan tanah), akibat tekanan karena pembebanan tanggul serta mengetahui cesar Watukosek, yang melintang dari Mojosari sampai ke kawasan pusat semburan.

Alat yang ditanam adalah Seismograf dan Mikro Gravity. Alat yang terakhir ini, kata Zulkarnain, untuk mengetahui aktivitas struktur geologi di bawah permukaan. Dari sejumlah deteksi dan penelitian yang dilakukan, nantinya akan didapat hasil dan dianalisa yang akan dijadikan bahan rekomendasi. “Dalam jangka waktu 60 hari, data yang ada akan di analisa lalau keluar rekomendasi,” pungkasnya. iit

Tidak ada komentar: