05 Mei 2008

Kawasan Rawan Subsidence Meluas

Kawasan Rawan Subsidence Meluas

Wednesday, 30 April 2008
SIDOARJO - SURYA-Tanggul utama di titik 43 di Desa Renokenongo Kecamatan Porong , Selasa (29/4) diketahui jebol, namun lumpur panas masih dapat dikendalikan dengan dialirkan ke kolam penampungan (pond) di titik 63.
Jebolnya tanggul tersebut, menurut Deputi Insfrastruktur Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Sofyan Hadi, disebabkan kawasan disekitar pusat semburan mengalami penurunan tanah (subsidence).

"Kawasan di sekitar pusat semburan ini sangat rawan subsidence, beberapa hari tanggul di sekitar sini mengalami penurunan tanah dan mengakibatkan tanggul jebol," terangnya.

Lumpur panas diketahui mulai menggerus tanggul Senin (28/4) malam, namun upaya perbaikan baru dapat dilakukan pada esok harinya. Kata Sofyan, untuk perbaikan tanggul yang mengalami jebol hingga 20 meter itu pihaknya mengalami kesulitan. "Medannya cukup sulit untuk sampai ke lokasi, karena itu perbaikan akan sedikit memakan waktu," terangnya.

Sebelumnya tanggul di titik 63 yang berada di sisi Timur tanggul titik 43 ini juga mengalami penurunan tanah, bahkan saat itu tanggul yang mengalami subsidence hingga sepanjang 80 meter, namun lumpur panas belum sampai meluber karena hanya separuh tanggul yang mengalami subsidence.

Tidak ada komentar: