07 Mei 2008

Lagi, Semburan di Siring, Kaki Tanggul Berlubang Tergerus Air

Lagi, Semburan di Siring, Kaki Tanggul Berlubang Tergerus Air

Wednesday, 07 May 2008
SIDOARJO - SURYA-Hanya dalam sehari, muncul lagi semburan liar di Desa Siring, Selasa (6/5). Semburan ke 86 ini, letaknya persis di kaki tanggul. Materi semburan ini, juga memuat lumpur, berbau dan mengandung gas metana yang mudah terbakar. Munculnya semburan baru tersebut, mengakibatkan kaki tanggul yang lokasinya dekat dengan rel KA lintasan Siring - Jatirejo menjadi berlubang karena tergerus air yang keluar dari semburan tersebut.

Pihak BPLS langsung membuat lokasi tanggul dengan beton, agar tidak keropos karena airnya terus keluar menggerus kaki tanggul.

Humas BPLS Akhmad Zulkarnain, mengatakan selain melakukan pembetonan keliling lokasi semburan baru, BPLS juga memasang pipa vertikal untuk mengalirkan gas berbahaya yang mudah terbakar tersebut. "Selanjutnya, gas tersebut akan kami bakar tersebut agar terurai di udara bebas,” tambah Zulkarnain.

Sedangkan semburan ke 85 di gudang semen di kawasan Siring Barat, mulai menunjukkan aktifitas yang meningkat. Bila sebelumnya kadar Hidrocarbon (HC) berada pada kisaran 35 persen, saat diukur kemarin mulai meningkat menjadi 41 persen.
Hendra, pemilik gudang menerangkan, semburan air tersebut dipastikan bukan berasal dari sumur bor. "Kami tidak mempunyai sumur bor di tempat itu," katanya.

Namun dari pemeriksaan sementara, semburan baru tersebut berbeda dengan semburan utama yang berada di Desa Renokenongo. Kandungan material yang keluar dari semburan di dalam gudang semen itu, antara lain air pasir dan sedikit lumpur yang tidak panas. Beda dengan material disemburan utama, yang keluar berupa lumpur panas.

Dari komposisi material tersebut, semburan tersebut merupakan semburan gas sumur dangkal. Bila ini yang terjadi, maka semburan tersebut tidak akan berlangsung lama. "Kalau memang benar semburan ini merupakan sumur gas dangkal, kemungkinan hanya berlangsung sekitar dua minggu lalu dengan sendirinya berhenti," terang Zulkarnain. iit

Tidak ada komentar: