28 Mei 2008

Minyak Tanah dalam Sumur

Minyak Tanah dalam Sumur
Wednesday, 28 May 2008
Sidoarjo - Air sumur Sya'roni, perangkat Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati, sejak empat hari lalu mengandung minyak tanah. Ditemui di rumahnya, RT 6/RW 2, Sya'roni menjelaskan sebenarnya fenomena itu sudah muncul sejak sebulan lalu. “Tanda awalnya sebulan lalu, tapi sejak empat hari lalu sudah semakin banyak,” katanya, Selasa (27/5).

Bahkan, saking banyaknya mitan membuat permukaan air itu berubah menjadi keputih-putihan disertai bau menyengat. “Warnanya putih susu dan keruh. Anehnya, minyak tanah yang bercampur dengan air sumur ini hanya terjadi di sini, sumur rumah warga lainnya tidak seperti ini,” katanya heran.

Untuk membuktikan kalau sumurnya mengandung mitan, Sya'roni mengambil seember air sumur tersebut. Setelah didiamkan beberapa menit, air dan mitan secara alami terpisah. Minyak yang berwarna kuning, tampak mengumpul di atas air. “Karena berat jenisnya lebih ringan, jadi minyaknya di atas. Saya juga sudah mengetes apakah itu memang minyak, dimana potongan kayu dicelupkan di cairan itu dan ternyata bisa menyala,” ujarnya. sda

Tidak ada komentar: