13 Mei 2008

Muncul Semburan 20 Meter

Muncul Semburan 20 Meter

Sunday, 11 May 2008
SIDOARJO-SURYA-Warga Desa Siring, kembali dikejutkan dengan munculnya semburan baru setinggi 20 meter. Semburan bercampur dengan pasir dan kerikil yang terjadi di belakang sebuah pabrik itu muncul pada Sabtu (10/5) pukul 10.30 WIB. Seorang pekerja pabrik sekaligus saksi mata, Syafii mengutarakan bahwa munculnya semburan berasal dari sumur yang tak terpakai lagi. “Waktu semburan pertama mencul, kerikil dan pasir yang terlontar cukup banyak, sehingga saya dan beberapa orang terpaksa menjauh dari semburan itu,” tandasnya.

Anto, warga Desa Siring mengaku sangat terkejut dengan munculnya semburan baru itu. “Meski semburan ini berupa air dan material seperti pasir, namun semburan ini juga diikuti keluarnya gas. Dari jarak hingga 10 meter gas itu masih tercium,” ujarnya.

Menurut Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnaen, munculnya semburan dengan material pasir dan kerikil ini karena besarnya tekanan gas. “Di dalam tanah ada lapisan pasir lempung. Karena tekanan kuat dari air, maka pasir juga ikut keluar,” jelasnya.
Semburan itu juga mengeluarkan gas berbahaya dan beracun. “Gas-gas ini seperti yang ada di semburan lain. Karena itu kewaspadaan dari warga cukup penting,” katanya.

Terkait hal ini, BPLS telah membuat rekomendasi untuk segera menangani semburan agar tidak makin membesar. “Karena itu, kami juga mengimbau pada warga sekitar, jika punya sumur tak terpakai dengan kedalaman sekitar 40 meter hendaknya langsung ditutup dengan semen, agar tak terjadi semburan seperti ini,” pungkasnya. sda

Tidak ada komentar: