13 Mei 2008

Berkas tidak lolos, Minarak siapkan resetllement

Berkas tidak lolos, Minarak siapkan resetllement

Ditulis Oleh dad
Senin, 12 Mei 2008
Sidoarjo- 28 Mei 2008 mendatang Minarak Lapindo Jaya (MLJ) akan memenuhi komitmennya untuk menangani masalah sosial warga terdampak lumpur Sidoarjo

Setelah melaksanakan pembayaran uang muka 20 persen, Minarak lanjutkan peyelesaian pembayaran 80 persen.

Pembayaran secara cash and carry akan dilaksanakan bagi warga terdampak lumpur yang berkasnya lolos dan bisa AJB (Akta Jual Beli), sedangkan berkas yang tidak lolos maka akan diberikan solusi untuk resetllement plus.

”7000 bidang lolos dan siap di AJB, sedangkan 4500 berkas tidak lolos dan kini kita cari formula untuk solusi penyelesaiannya,” terang Andi Darusallam Tabusalla, vice president MLJ.(12/5/2008)

Resetlement yang ditawarkan adalah KNV (Kahuripan Nirwana Village) di Desa Jati di atas lahan seluas 1200 ha, Sidoarjo, dan bulai juni mendatang sudah disiapkan 50-200 unit rumah.

resetlement plus yang dimaksudkan adalah warga akan mendapatkan uang kembali bilamana masih ada sisa untuk pembelian rumah di KNV.

”Perbandingan yang kita tawarkan 1:1, dengan maksud jika warga mempunyai tanah 100 m2 maka akan kita kembalikan 100 m2,” terang Andi Darussalam Tabusalla saat jumpa pers di Sidoaro.

Andi menambahkan jika nantinya warga memiliki bangunan 100 m2 dan menginginkan membangun tipe 36, maka warga akan mendapatkan uang kembali.

”Uang susuk akan dikembalikan 2 bulan setelah PIJB,” terang Andi.

Selain itu warga juga diberikan kesempatan untuk menjual rumah lagi dalam periode 1 tahun, namun sebelumnya warga sudah membuat perjanjian dengan pihak MLJ untuk menjual rumah kembali saat melakukan pembelian rumah.

Sedangkan untuk berkas yang masih belum dilaksanakan PIJB pembayaran 20 persen, Andi menjawab jika pihak MLJ masih berkosentrasi pembayaran 80 persen.

”Kita akan tetap tanggung jawab untuk menyelesaikan semua permasalah sosial sesuai dengan perpres 14/2007,” terang Andi.

Tidak ada komentar: