05 Mei 2008

Gas Metan Meledak di Siring Barat

Gas Metan Meledak di Siring Barat

Tuesday, 29 April 2008
Sidoarjo - Surya-Saluran air yang mengandung gas metan di Desa Siring Barat, meledak dan menyemburan api, Senin (28/4) malam. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, ledakan itu menyebabkan trotoar dari semen mencuat dan agak meleleh.

Petugas analisa dan pemantau gas berbahaya PT Fergaco, Dodie Ernawan menjelaskan, ledakan gas disertai api itu kemungkinan terjadi akibat ulah seorang penumpang mobil yang lewat di jalan raya Porong. “Dari penyelidikan, seorang penumpang mobil bison yang sembrono melempar puntung rokok ke dekat selokan itu,” tuturnya kepada Surya, Senin (28/4).

Ledakan in sangat mengkhawatirkan warga sekitar, sebab sebelum kejadian ini PT Fergaco telah memasang 4 pipa pembuangan yang diletakkan tersebar di sekitar Siring bagian Barat. Pipa sepanjang 400 meter itu, untuk mengurangi kadar gas metan dan hidrokarbon agar tak muncul ledakan gas.

Kapolsek Porong, AKP Juned mengutarakan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian begitu pihaknya mendengar ada ledakan gas di depan jalan raya Porong itu. “Kalau tak salah, kejadiannya sekitar pukul 19.00 WIB,” ujarnya, Senin (28/4).

Setelah diselidiki, ternyata lokasi ledakan gas itu berada sekitar 50 meter dari tempat semburan gas yang telah di-police line oleh warga Siring bagian Barat. “Tidak ada korban jiwa atau luka akibat kejadian ini,” tegasnya.
Hanya saja, dampak dari ledakan itu sisa gas yang meledak itu masih terasa pekat. Bahkan AKP Juned masih merasakan bau gas, meski dia telah beberapa meter meninggalkan lokasi. “Baunya sangat menyengat dan sulit hilang, karena kandungan gas metan ini sulit terurai jika kondisinya malam hari,” katanya. iit/sda

Tidak ada komentar: