30 Mei 2008

Peringati Lumpur Dengan Istighotsah

Peringati Lumpur Dengan Istighotsah

Friday, 30 May 2008
SIDOARJO - SURYA-Peringatan dua tahun semburan lumpur Lapindo, diperingati ribuan warga dengan istighotsah di tanggul Desa Siring dekat Tugu Kuning, Kamis (29/5). Dengan mengenakan kaos warna merah putih, warga sengaja berjalan kaki menuju tempat acara. Ada yang lewat jalur Ketapang Keres, sebagian lagi lewat Siring.

Sejumlah tokoh masyarakat tampak ikut dalam acara ritual tersebut, seperti KH Ali Mashuri (Gus Ali) dari Tulangan, Rofik Siroj dari Kedungcangkring, Jabon, KH Tolchah dari Tanggulangin serta Abdul Shomad Buchori dari MUI Jatim. Juga tampak cawagub Ridwan Hisjam, yang memang khusus diundang panitia.

“Kami berdoa agar semburan lumpur segera berhenti, selain itu kami juga minta agar pembayaran 80 persen secepatnya dipenuhi Lapindo,” kata Ny Rina, warga Siring yang ikut istigotsah.
Usai acara, ulama meminta warga langsung pulang karena sebelumnya muncul isu, warga akan berunjuk rasa di Porong.

Sementara itu, dalam waktu bersamaan warga korban lumpur yang tergabung dalam Pagar Rekontrak (Paguyupan Warga Renokenongo Menolak Kontrak) juga melakukan istighotsah di makam Desa Sengon Renokenongo.
Kompleks makam tersebut sudah masuk peta area terdampak, sehingga tinggal menunggu waktu untuk ditenggelamkan lumpur panas.

H Sunarto, perwakilan dari pagar Rekontrak mengatakan sudah ada titik temu dengan Lapindo terkait kesepakatan jual beli. “Kami sudah sepakat untuk yang skema 20 - 80 persen, namun untuk uang jadup masih perlu dibicarakan lagi,” paparnya.

Untuk mengamankan jalannya istigotsah, polisi mengerahkan 1.150 personel yang bertugas di 15 titik pengamanan. “Kami berterima kasih kepada warga yang komitmen istighotsah, tanpa melanggar hak-hak orang lain,” kata Kapolres Sidoarjo AKBP Maruli CC Simanjutak.

Di tempat berbeda, di bekas kantor BTPN, berlangsung pembayaran 80 persen hari kedua yang dilakukan PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) kepada 15 warga korban lumpur asal Desa Siring. Pembayaran 80 persen ini, direncanakan setiap hari sesuai dengan masing-masing tanggal jatuh tempo berkas warga. iit

Tidak ada komentar: