14 Mei 2008

Di Luar Peta Terdampak BPLS akan putuskan Nasib Warga

kelana kota
12 Mei 2008, 16:23:35, Laporan Eddy Prasetyo

Di Luar Peta Terdampak
Dewan Pengarah BPLS Akan Putuskan Nasib Warga

suarasurabaya.net| Dewan Pengarah Badan Penanggulangan Lumpur Sidarjo (BPLS) akan memutuskan nasib warga di luar peta terdampak yang merasakan dampak lumpur Lapindo. Warga ini berada di kawasan sebelah barat semburan lumpur, termasuk wilayah Siring Barat.

DJOKO KIRMANTO Ketua Dewan Pengawas BPLS yang juga Menteri Perhubungan pada wartawan saat melakukan peninjauan ke proyek Jembatan Suramadu, Senin (12/05), mengatakan dirinya sudah menerima laporan sementara keadaan terakhir di kawasan yang dimaksud. Diantaranya, tentang adanya bahaya gas beracun dan ledakan gas metan yang keluar di sekitar Siring Barat.

“Setelah saya pelajari, rencananya dalam minggu ini, akan saya kumpulkan para anggota dewan pengawas dan para ahli di bidangnya. Dalam pertemuan tersebut, nantinya akan saya putuskan bagaimana dan apa yang dilakukan masyarakat sekitar desa yang masuk dalam laporan tersebut,”kata DJOKO.

Menurut dia, keputusannya bisa pada relokasi. Namun tidak menutup kemungkinan dilakukan penanganan khusus untuk meminimalisir dampak semburan gas di kawasan sekitar Siring Barat.

Namun, jelas DJOKO, pihaknya masih agak menyangsikan laporan tersebut lantaran berdasarkan pengamatannya langsung ke lokasi terdampak lumpur kemarin malam, dirinya malah melihat warga sekitar Siring Barat tidak terlampau khawatir.

“Malah saya lihat warga Siring Barat tenang-tenang saja. Semburan gasnya dinyalakan dan malah dijadikan tontonan, seperti wisata lumpur saja, “tegas DJOKO. (edy/tin)
arg

Tidak ada komentar: