27 Januari 2008

Warga Cemaskan Semburan Baru, Alirkan ke Jalan Raya Porong

Warga Cemaskan Semburan Baru, Alirkan ke Jalan Raya Porong

Friday, 25 January 2008
Porong - Surya, Puluhan warga dari Kelurahan Siring bagian barat, Kecamatan Porong, Kamis (24/1) protes keras karena lambannya penanganan terhadap sejumlah titik semburan air yang bermunculan di kawasan permukiman. Warga yang tidak sabar menunggu penanganan petugas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) mengalirkan semburan air yang kemarin muncul di bengkel Sumber Alam Jaya, ke Jalan Raya Porong.
“Kami tidak ingin kampung kami tenggelam, karena itu kami mengalirkan semburan air ini ke jalan raya,” kata Edi, salah satu warga Siring barat. Sambil mengalirkan semburan air ke Jalan Raya Porong, warga tetap meminta BPLS mendatangkan alat berat untuk membuat saluran agar semburan air dapat mengalir dan tidak menggenang ke rumah warga.

Sekitar 30 menit kemudian, satu alat berat didatangkan ke lokasi. Alat tersebut selanjutnya menormalisasikan saluran yang ada, agar aliran air dari semburan air itu dapat mengalir lancar. Warga yang protes dan bergerombol di pinggir jalan akhirnya bubar.

Menurut Hariono, salah satu pekerja bengkel, semburan air itu muncul pada Rabu (23/1) sore. Karena terus keluar, petugas BPLS akhirnya memasang pipa agar air tidak menggenang di dalam bengkel. Namun itu diprotes warga karena mereka khawatir akan menggenangi rumah. Mereka meminta aga BPLS mengalirkannya ke saluran yang menuju sungai.
Humas BPLS Akhmad Zulkarnain, menjelaskan, kawasan Siring ini merupakan area subsidence (penurunan permukaan tanah) disebabkan material di dalam tanah keluar melalui semburan lumpur. “Karena itu dikawasan ini akan banyak lagi muncul semburan-semburan kecil,” katanya. iit

Tidak ada komentar: