04 Januari 2008

Tanggul Lumpur Jebol

kelana kota

04 Januari 2008, 08:30:30, Laporan Khusnina Sekar Segari

Tanggul Lumpur Jebol
Prioritas Pemkab Sidoarjo, Evakuasi Warga

suarasurabaya.net| Prioritas Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saat ini, Jumat (04/01) adalah mengevakuasi warga menyusul jebolnya tanggul penahan lumpur di Desa Ketapang Keres, Tanggulangin Sidoarjo.

WIEN HENDARSO pada Suara Surabaya mengatakan, warga tadi malam kebingungan mengevakuasi barang-barangnya karena jebolnya tanggul ini memang mendadak.

"Warga yang rumahnya bertingkat, memindah barangnya ke tingkat 2 atau menaikannya ke kendaraan untuk evakuasi ke tempat yang lebih tinggi," ujar WIEN.

Konsentrasi pengungsi kata WIEN di kantor Kecamatan Tanggulangin. Jika air semakin tinggi dan tidak mencukupi pengungsi akan dipindah ke lapangan tenis indoor di lingkungan GOR Gelora Delta. Sebagian warga juga ada yang mengungsi di tempat saudaranya yang jauh dari lokasi banjir.

WIEN mengatakan pihaknya masih berkonsentrasi untuk mengevakuasi warga. "Yang menjadi prioritas saya adalah keselamatan dan kesehatan warga," ujar WIEN.

Ia mengatakan pihaknya saat ini telah mengerahkan kendaraan dari Kepolisian, TNI dan Dinas Kebersihan. Sedangkan untuk pembentukan dapur umum kata WIEN masih belum dilakukan.

Ketinggian air di Desa Ketapang Keres kata WIEN sudah sepinggang orang dewasa. Ia mengimbau pada masyarakat untuk sabar karena ini musibah.

WIEN menambahkan masyarakat sudah memahami situasi yang terjadi dan tidak bersikap emosional. Belum ada laporan korban akibat tanggul jebol ini.

Sementara itu, WIEN sudah meminta pada pihak BPLS untuk menutup tanggul yang jebol dan memantau lokasi-lokasi tanggul yang lain agar kejadian seperti ini tidak terulang. Ia menduga jebolnya tanggul ini karena tekanan air yang cukup tinggi.(kss/ipg)

Tidak ada komentar: