13 Januari 2008

Semburan Lumpur di Sidoarjo Makin Membesar

12/01/08 21:17

Semburan Lumpur di Sidoarjo Makin Membesar

Sidoarjo (ANTARA News) - Semburan (bubble) baru yang tercatat ke-76 yang muncul di bawah lantai keramik teras rumah Junaidi, warga RT1/RW5 Desa Pejarakan, Kecamatan Jabon Sidoarjo, Jatim, kini semakin membesar mencapai 50 cm.

Informasi yang dihimpun ANTARA News, Sabtu menyebutkan, saat ditemukan Jumat (11/1) semburan itu hanya setinggi 10 hingga 15 cm. Namun, kini Semakin membesarnya mencapai sekitar 50 cm.

Oleh warga di sekitar titik semburan atas saran Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dipasangi pipa agar kandungan gasnya di buang ke atas, sedangkan air yang menyembur dialirkan/dibuang ke saluran air yang ada di depan rumah Junaidi.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain mengatakan, besarnya bubble ke-76 yang muncul di rumah Junaidi, karena sumber semburan telah ditemukan. Kalau sebelumnya, semburan hanya keluar melalui sela-sela keramik, tapi kali ini langsung menyembur ke atas.

"Kami menyarankan kepada warga untuk membuat pipanisasi untuk membuang aliran semburan ke saluran air yang ada di depan rumah Junaidi," katanya sambil menambahkan bahwa biaya pipanisasi itu dari masyarakat sendiri.

Ia mengatakan, untuk kadar Low Ekplosif Limit (LEL) dalam bubblke itu juga ada peningkatan. Yang semula kadar gas mudah bakarnya hanya sekitar lima persen, kini kadarnya menjadi 10 persen. Sementara untuk kadar H2S (Hidrogen Sulfida) atau gas beracunnya masih tetap nol.

"Meski demikian, warga kami sarangkan untuk tidak gegabah main api di dekat lokasi bubble baru, kendati sudah dipasangi pipa," tambahnya.(*)

Tidak ada komentar: