29 September 2009

DPR Memuji Lapindo

DPR Memuji Lapindo

Selasa, 29 September 2009 | 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggapan terhadap peristiwa lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jatim, memang beraneka ragam. Berkali-kali pula publik disuguhi kabar bahwa sebagian korban justru berterima kasih kepada PT Lapindo Brantas. Dalam laporan Tim Pengawas Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (TP2LS) yang dibacakan Wakil Ketua tim Priyo Budi Santoso, pujian itu kembali dilontarkan.

Pada awalnya, Priyo menyampaikan penghargaan kepada pemerintah, pemerintah provinsi Jawa Timur dan pemerintah kabupaten Sidoarjo atas dukungan yang diberikan untuk penanggulangan peristiwa ini. "Demikian pula dengan Lapindo dan Minarak Lapindo Jaya yang telah melakukan komitmennya untuk melakukan resettlement atau pembangunan rumah korban," tutur Priyo di depan 357 anggota dewan yang hadir dalam paripurna ke-11, Selasa (29/9).

Semua anggota menyambut laporan Priyo tanpa interupsi terhadap poin ini. Interupsi Anggota DPR dari Fraksi PDI-P Eva Kusuma Sundari cuma mempertanyakan hubungan peristiwa lumpur dan gempa berkekuatan sekitar 6 SR yang mendahuluinya.

Dalam laporannya pula, tim justru mendesak pemerintah segera menetapkan status bencana pada lumpur Sidoarjo sesuai dengan UU yang berlaku dan merekomendasikan agar lokasi peristiwa dijadikan situs geologi yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat studi. "Kami meminta pemerintah untuk meminimalisir risiko semburan yang diperkirakan akan berlanjut dalam waktu yang belum dapat diketahui untuk memonitoring terus-menerus," cetusnya.

Tidak ada komentar: